ISTANA BIDADARI

Monday

Memilih Kost Putri

No comments :
tips jilbaber - Bagi bidadaris yang diterima bekerja disebuah kantor atau diterima di Universitas /  kampus luar kota jauh dari rumah, tentulah memerlukan tempat tinggal sementara atau yang lebih sering disebut kost yang akan kita tinggali dalam beberapa kurun waktu tertentu.
Hal tersebut memerlukan bebrapa pertimbangan dalam menentukan pilihan kost yang akan kita tempati.
Berkut tips untuk menentukan kost yang sehat untuk kita tempati:
  1. Pilih tempat kost yang paling dekat dengan lokasi anda kuliah, bekerja, atau aktifitas vital Bidadaris.
    Dengan tempat kost yang dekat akan lebih mempermudah Bidadaris untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu lebih memudahkan Bidadaris di hari – hari pertama masuk kerja / kuliah. Dan juga bisa lebih menghemat energy, waktu dan uang karena jarak tempuh yang lebih dekat dan mudah.
     
  2. Pilih lokasi tempat kost yang tidak kumuh dan kotor.
    Keadaan seperti kumuh dan kontor akan sangat mempengarui keadaan jiwa dan raga. Apa lagi jika kita sudah terbiasa dengan kebersihan dan kerapian.  Nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan kita, lebih lagi jika ketahanan tubuh kita belum kuat. Dan juga akan memperburuk mood, jadi  malas dan lemas.
     
  3. Pastikan kamar mandi dan WC tersedia dalam keadaan bersih dan aman.
    Kriteria kamar mandi yang bersih dan aman yang pertama bisa dinilai dari sumber air dan pembuanganya. Hati – hati untuk permasalahan sumber air, pastikan air bersih, tidak berwarna, berbau dan berasa, tanyakan pada penduduk sekitar apakah ada pabrik atau usaha warga yang menghasilkan limbah. Untuk pembuangan air, chek apakah air terbuang dengan lancar, tidak bergenang dan tidak tercecer. Karena genangan air akan memperburuk kebersihan dan menjadi tempat berkumpulnya pathogen mikro maupun makro serta membuat kelembapan dan tidak enak dipandang mata.
  4. Pilih tempat kost yang jauh dari sumber suara yang berlebih.
    Pilihlah yang jauh dari pasar, rumah makan, bandara, terminal ataupun stasion. Tempat – tmpat itu biasanya menghasilakan bunyi yang dapat menggangu kenyamanan dan ketenangan.
  5. Jauh sebelumya, gali informasi mengenai keadaan orang – orang disekitar tempat kost.
    Ini sangat penting dilakukan, setiap daerah kost memliki ciri tersendiri . Tempat A orang – orangnya begini, Tempat B begini, dan C begini. Maka pilihlah yang sesuai dengan keadaan Anda. Karena kupu – kupu lebih suka berkumpul dengan kupu – kupu lainya, dan ular lebih suka berkumpul dengan ular. Dan yang paling tidak diharapkan adalah jika lingkungan pergaulan yang buruk akan menyeret diri Anda ke kubangan lumpur dosa dan penyesalan.

  6. Pastikan kamar kost atau rumah kontrakan cukup terkena sinar matahari.
    Sinar matahari akan sangat berpengaruh pada keadaan ruangan. Tempat yang jarang terkena sinar matahari  jadi lembab dan tidak sehat, karena bisa menjadi faktor pemercepat tumbuhnya jamur, bakteri, mikroba, pathogen dan yang sejenisnya.
  7. Permasalahan udara “ oksigenasi” jangan dikesampingkan.
    Sering kali berhubungan dengan kerindangan dan segarnya udara sekitar kost. Kalau bisa pilih tempat kost yang kira kanannya terdapat beberapa tumbuhan, karena akan membuat udara lebih kaya oksigen dan terasa lebih segar. Membuat kebutuhan oksigen otak terpenuhi, sehingga pikiran lebih cerdas dan maksimal untuk bekerja. Perhatikan baik – baik dengan indra pencium Anda, adakah bau yang mencurigakan yang terus – menerus dari lingkungan sekitar kost anda. Jika ada segera tanyakan ke warga / pemilik kost. Bau apa ini?, karena bisa jadi bau dari limbah sekitar yang berbahaya bagi kesehatan paru.
  8. Untuk  kebutuhan makan, pertimbangkan jarak warung makan disekitar kost.
    Tidak dibahas dalam konteks kualitas makanannya. Pemilihan tempat kost yangd agak dekat dengan warung makan akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan makan saat anda dalam keadaan sibuk atau tergesa – gesa, atupun disaat tengah malam. Akan tetapi ini hanya berlangsung dalam beberapa minggu awal pertama Anda pindah ke kost. Setelah lebih dari satu bulan Anda akan hafal dengan sendirinya warung makan yang sesuai selera Anda di penjuru plosok desa dari kota yang anda tinggali.
  9. Gali informasi tentang keamanan lokasi kost dari para pencuri.
    Ini akan membuat Anda untuk lebih hati – hati dan waspada dalam menjaga barang berharga  dan sebagi  pertimbangan barang berharga apa yang akan dibawa kost.
  10. Kalau Bidadaris masih kuliah, Carilah tempat kost yang menerapkan system pengelolahan boarding home.
    Yang seperti ini akan membawa manfaat bagi anda yang masih kuliah, karena selain kita dapat ilmu dari kampus, kita juga bisa dapat ilmu dari kost. Sistem boarding biasanya ditujukan sebagai bentuk pembinaan / tarbiyah bagi para pengekost ( anggota boarding ). Mereka akan diajak menyelami kehidiupan dalam masyarkat dengan ilmu yang diusung masing – masing penyelenggara boarding.
sekian, semoga bermanfaat

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.