Thursday

Arumanis Makanan Ringan Tradisional

No comments :

Arumanis makanan ringan nan manis dan gurih yang telah ada sejak dulu ini hingga kini masih bertahan dan digemari beragam usia, mungkin juga termasuk Bidadaris gemar akan jajanan ini. arumanis biasanya banyak hadir di event tertentu termasuk pada saat pasar malam.

arumanis adalah panganan yang dibuat dari bahan dasar terigu dan gula yang diberi perwarna. Penganan tradisional ini terbukti masih digemari warga, karena rasanya yang khas dengan rasa manis alami gula.

Proses pembuatan penganan tradisional ini cukup rumit,
Pertama, gula pasir yang dicampur minyak sayur dipanasi sampai mengumpal. Setelah diberi sedikit perwarna merah, gula pasir yang telah dipanasi ini dicampur dengan adonan terigu yang kemudian dibentuk memanjang diatas meja beralaskan seng.

Gumpalan adonan tepung terigu dan gula inilah yang kemudian ditarik-tarik sampai berbentuk serabut. Proses inilah yang paling sulit karena membutuhkan keahlian khusus dan tenaga ekstra, agar serabut arumanis yang dihasilkan semakin banyak.

Setelah berbentuk serabut menyerupai benang, arumanis dipotong-potong. Biasanya penganan ini dijual dalam kemasan plastik.

Meski kebanyakan pengemar arumanis adalah anak-anak dan remaja, namun tak sedikit orang dewasa yang menyukainya.
arumanis tradisional lebih nikmat dan gurih daripada arumanis yang dijual di pabrik-pabrik sebab terbuat dari gula asli.

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.