ISTANA BIDADARI

Tuesday

Pendakian Gunung Arjuno Jalur Tretes

No comments :
hijabers - Daerah Tretes adalah merupakan tempat Wisata dan Hutan Wisata serta ditempat tersebut juga  terdapat air terjun yang indah yaitu Air terjun Kakek Bodo. Di Tretes mempunyai hawanya sejuk dan merupakan tempat peristirahatan yang nyaman karena hal itulah ditempat tersebut banyak bermunculan hotel maupun losmen tempat menginap bagi wisatawan. Dari Pos PHPA Tretes Bidadaris dapat langsung nendaki Gunung Welirang dan juga Gunung Arjuno. Setelah lama berjalan antara 4 hingga 5 jam ke arah barat daya dari Tretes Bidadaris dapat berhenti dan bermalam di pondok tempat orang mencari bijih belerang, disini terdapat air yang cukup melimpah untuk memasak atau mandi, Hampir setiap hari seBidadarisr 20 — 30 orang buruh mencari dan membawa batu belerang ke Tretes.

Pendakian bisa dilakukan Keesokan paginya ke puncak Welirang atau berbelok, Bidadaris bisa langsung kearah Gunung Arjuno. Perjalanan pendakian dari pondok sampai ke puncak Gunung Welirang akan melewati hutan Cemara yang jalannya berbatu. Setelah berjalan 3 jam Bidadaris akan sampai di puncak Gunung Welirang. Di bawah puncak Welirang ada sebuah kawah yang menyemburkan gas belerang. Perjalanan dari Tretes sampai ke puncak Welirang memakan waktu 7 – 8 jam. Bila Bidadaris akan melanjutkan penjalanan menuju Gunung Arjuno maka setelah sesampai di puncak Gunung Welirang Bidadaris berjalan turun ± 10 menit tepatnya ke arah selatan.

Hutan yang dilalui adalah hutan cemara dengan melewati sebuah jurang dan pinggiran Gunung Kembar Idan Gunung Kembar II. Setelah berjalan 6 – 7 jam Bidadaris akan sampai di puncak Arjuno. Tetapi sebelumnya Bidadaris akan melewati tempat yang dinamakan Pasar Dieng yang ketinggiannya hampir sama dengan puncak Gunung Arjuno dan terdapat batu yang sebagian tersusun rapi seperti pagar dan tanahnya rata agak luas. Dari sini untuk ke Puncak Gunung Arjuno hanya memakan waktu ± 10 menit.

Untuk mencapai Gunung Arjuno dan Gunung Welirang dibutuhkan waktu 5 sampai 6 jam. Puncak Gunung Arjuno anginnya sangat kencang dan suhunya antara 5 - 10 derajat celcius. Disini Bidadaris dapat menikmati suatu Panorama yang sangat indah terutama bila malam hari, Bidadaris dapat melihat ke bawah, kota - kota seperti Surabaya, Malang, Batu, Pasuruan. serta laut utara dengan kerlipan lampu - lampu kapal. Puncak G. Arjuno disebut juga dengan Puncak Ogal - Agil atau Puncak Ringgit. DiseBidadarisr puncak bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Rute turun dapat ke kota Lawang atau ke arah timur dengan melewati Hutan Cemara, Hutan tropis dan perdu. setelah itu Bidadaris akan melewati Perkebunan Teh Wonosari bagian utara. Turun ke arah Lawang lebih dekat dan menyingkat waktu daripada kembali ke arah Gunung Welirang / Tretes. Perjalanan turun ke arah Lawang kurang lebih 6 jam.

[ petualangan jilbaber ]

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.