ISTANA BIDADARI

Thursday

Jamuran Permainan Anak Tradisional

No comments :
jilbaber ceria - Permainan jamuran adalah merupakan permainan tradisional yang populer bagi anak-anak pedesaan di Propinsi  Yogyakarta,Jawa Tengah, dan sekitarnya. Permaina Jamuran yang biasanya dilakukan beramai-ramai oleh anak-anak untuk mengisi waktu senggangnya sewaktu pulang sekolah. Permainan ini dimulai dengan hompipah terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang kalah. Anak yang kalah akan duduk di tengah sedangkan yang menang akan saling bergandengan tangan melingkari anak yang kalah tadi, mereka sambil menyanyikan lagu jamuran:


Jamuran yo gehethok
Jamur opo, yo gegethokJamur gajih bejijih sak oro-oroSiro badhe jamur opo?”

Kira-kira seperti itulah lagu jamuran yang dinyanyikan oleh anak-anak. Setelah syair terakhir:

"Siro badhe jamur opo?"

maka anak yang berada di tengah berteriak menyebut sebuah sebuah nama jamur. misal:

"Jamur Parut"

maka anak-anak yang bergandengan duduk dan kemudian mengangkat kaki kemudian anak yang berada ditengah kemudian menggaruk-garuk telapak kaki anak yang duduk tersebut tidak boleh senyum,bergerak atau berbicara/mengeluarkan suara. Jika ada anak yang tersenyum atau bergerak maka anak tersebut dapat hukuman untuk menggantikan anak yang berada di tengah tadi.

Kemudian mereka membentuk lingkaran lagi dan mulai menyanyikan lagu jamuran lagi. Dan anak yang  di tengah tadi juga melakukan hal yang sama seperti tadi

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.