ISTANA BIDADARI

Tuesday

Teknik Dasar Belajar Berenang

No comments :

jilbaber - Olah raga renang menang merupakan olah raga yang dianjurkan bagi orang yangmemiliki berat tubuh berebih ( obesitas ), olah raga ini minim risiko cedera fisik lantaran waktu berenang semua berat badan ditahan oleh air atau mengapung, nah bagi Bidadaris yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan olah raga ini namun belum bisa berenang maka simak teknik dasar belajar berenang bagi pemula berikut ini:

Pernapasan
Dengan cara hirup udara menggunakan mulut dan hembuskan dengan hidung. ini bisa dilatih dengan cara berdiri ditempat kemudian tenggelamkan kepala hembuskan udara lewat hidung kemudian munculkan kepala ambil nafas dengan mulut, dilakukaan secara berulang-ulang. cara ini juga bisa memulihkan dengan cepat jantung yaang berdetak dengan kencang dikarenakan kelelahan dalam berenang.

Posisi badan
Dengan posisi badan streamline, perenang bisa berenang dengan tahanan kecil.
selanjutnya,

Gerakan kaki
Lakukan luncuran bertumpuh pada dinding kolam, tangan lurus kedepan sampai pergelangan rapat ditelinga, telapak tangan bertumpuk berbentuk runcing sehingga mengurangi hambatan. pada saat luncuran gerakkan kaki dengan rileks dengan posisi kaki kiri berada paling dalam atau terendah padaa akhir dari tendangan kebawah. paha dan betis merupakan satu garis lurus tanpa tekukan pada lutut. siikap kaki yang lurus ini sampai padaa ujung jari kaki.
posisi kaki kiri mulai dinaikkan keatas dalam keadaaan lurus tanpa tekukan pada lutut, gerakan ini sepenuhnya dari pangkal paha, dan dialkukan dengan gerakan yang tidaak begitu keras dan relax. sedang posisi kaki kanan sedang mulai tendangan kebawah yang keras, gerakan dari pangkal paha dan diperluas dengan tekukan padaa lutut sedikit.
jadi dapat disimpulkan gerakakan kaki pada gaya bebas adalah gerakan kaki dilakukan dengan naik turun pada bidang yang vertical, bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan, gerakan dimulai dari pangkal paha dan terkuku padaa lutut, untuk kemudian diluruskan padaa akhir tendangan.

Gerakan lengan
  1. Gerakan lengan terdiri dari dua gerakan yaitu
    gerakaan recovery, gerakan lengan selama diluar air yaitu memindahkan telapak tangan dari saat keluar air untuk dibawa kedepan kepala dan masuk kedalam air.
  2. Gerakaan mendayung yang terdiri atas gerakan tarikan (pull) daan gerakan dorongan (push). gerakan ini mulai saat ujung jari tangan menyentuh air sampai lengan selesai melaksanakan dayunagn dan keluar air.
    kemudian untuk pernapasan lakukan dengan 3 kali ayunan tangan 1 kali nafas jika tangan kanan yang sedang lakukan ayunan bernafas dengan arah kekiri, begitu juga sebaliknya.
[ gadis ]

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.