ISTANA BIDADARI

Friday

Membuat Ketupat Lembut di Lidah

No comments :

cara nikmat - Ketupat masakan tradisional yang sangat enak terasa lembut teksturnya saat menyentuh mulut dan menggoyang lidah kita, makanan yang identik dengan lebaran. Makanan khas daerah Indonesia lain juga banyak yang menggunakan ketupat, antara lain , Grabag (kabupaten Magelang), ketupat tahu (Sunda), Coto Makassar (Makassar), Ketupat Glabet (Kota Tega),  Lontong Sayur, Opor Ayam, ataupun Gado-gado.

Bahan - bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat ketupat antara lain:
  • Anyaman ketupat ( panduan cara membuat anyaman ketupat silahkan kunjungi )
  • Beras, cuci sampai bersih dan tiriskan
  • Bungkus/Anyaman ketupat yang masih kosong
  • Air secukupnya
Cara Membuat Ketupat :
  1. Beras yang sudah dicuci direndam di air selamat kurang lebih 3 jam. Kemudian tiriskan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih. Kapur sirih digunakan untuk membantu proses pemadatan.
  2. Masukkan beras ke dalam bungkus / anyaman ketupat. Porsi beras tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  3. Didihkan air, kemudian masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 sampai 5 jam sampai matang. Dan pastikan ketupat selalu terendam. Bidadaris bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Ada juga cara lain untuk membuat ketupat, yaitu dengan cara memasak beras terlebih dahulu setengah matang (diaron) kemudian masukkan ke dalam bungkusan ketupat.

- gadis madura -

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.