ISTANA BIDADARI

Saturday

Makanan Ibu Menyusui Agar ASI Banyak

No comments :
medan lover - Pada dasanya Air Susu Ibu (ASI) semakin sering payudara dikosongkan, produksi ASI akan semakin lancar yang perlu diperhatikan juga adalah jangan mengalami stress. Dikala awal menyusui biasanya ASI encer disebut dengan nama foremilk sedangkan ASI kental dikenal dengan nama hindmilk akan ada saat sesi akhir menyusui (saat payudara kempes ) jadi usahakan si bayi menyusui sampai satu payudara agak kosong agar mendapatkan hindmilk yang cukup dengan begitu, si bayi tidak akan mudah lapar.

Namun perlu Bidadaris perhatikan asupan nutrisi saat makan, untuk mengetahui makanan apa saja mendukung agar ASI bisa keluar banyak, simak berikut ini
  • Jinten Hitam :
    Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung. Jinten juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu Ibu mendapatkan stamina setelah melahirkan. Walaupun belum ada penelitian uang mendukung, jinten hitam banyak dipercaya dapat meningkatkan ASI.
  • Biji wijen hitam :
    Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah susu ibu. Biji ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya seperti tembaga.
  • Kemangi :
    Kemangi adalah sumber vitamin K. Selain dapat meningkatkan jumlah ASI, ia juga diyakini memiliki efek menenangkan, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan nafsu makan yang sehat. kemangi bisa dimakan bersama sayuran, atau makanan pokok. Atau Anda juga bisa membuat minuman panas dengan merebus kemangi , dan minum air rebusan dengan ditambahkan madu.
  • Sayuran Hijau dan keluarga Labu:
    Sayuran dari keluarga labu, seperti blonceng(labu botol), labu siem, labu kuning, merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya bergizi, sayuran ini juga mudah dicerna.
  • Sayuran berhijau daun :
    Kacang-kacangan, bayam, dan asparagus juga merupakan sumber mineral, vitamin serta fitoestrogen yang diyakini dapat  meningkatkan laktasi.
  • Sayuran berwarna merah:
    Wortel, ubi jalar dan bit misalnya sangat tinggi mengandung beta  karoten, yang sangat bermanfaat untuk bayi jika Anda menyusuinya dengan ASI. Bit dan ubi jalar juga tinggi zat besi dan akan membantu meningkatkan fungsi hati.
  • Kacang-kacangan :
    Kacang Almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang banyak dikatakan membantu meningkatkan air susu ibu. Selain itu, kacang-kacangan dikenal banyak mengandung kalsium dan senyawa asam lemak baik yang penting bagi otak bayi.
  • Daun katuk:
    Daun katuk sudah lama dikenal orang untuk meningkatkan ASI. Selain itu, daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Jadi jangan ragu lagi untuk makan daun katuk, karena selain bergizi, ia  juga akan membuatn ASI Ibu menjadi berlimpah dan berkualitas.
  • Pare atau pari:
    Walaupun rasanya sangat pahit, ternyata pare juga bagus untuk mengentalkan dan memperbanyak ASI. Selain itu, Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. Namun jangan terlalu banyak makan pare, karena banyak dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah.
  • Minyak zaitun:
    Minyak seperti minyak zaitun, minyak biji rami dan minyak wijen adalah minyak sehat yang diyakini akan membantu ibu menyusui. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, dapat meningkatkan energi. Gunakan untuk memasak atau hanya di gerimiskan di atas salad Anda.
  • Bawang putih :
    Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI. Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu.
  • Pepaya.
    Buah ini tinggi mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik untuk ibu menyusui agar tidak mudah capek, serta meningkatkan jumlah ASI yang. Bunga pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan ibu.
( e dada )

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.