Saturday

Wisata Museum Kartun Indonesia Bali

No comments :

cinta - Bagi Bidadaris yang suka dunia kartun, tidak ada salahnya mengunjungi Museum Kartun Indonesia yang berdiri di Kuta Bali, Museum yang tercatat merupakan Museum Kartun pertama di Asia Tenggara. Museum yang menempati lahan seluas 1600 meter persegi ini beralamat di Jalan Sunset Road, Kuta, bali.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu, di museum ini para pengunjung dapat melihat aneka jenis kartun karya memajang sekitar 200 karya kartun dari puluhan kartunis Indonesia seperti Pramono R Pramoedjo, GM Sudarta, Dwi Koendoro, Jango Paramartha, hingga beberapa kartunis muda bertalenta tinggi lainnya.

Kartun yang dipajang amat bervariasi. Tema yang dipilih pun beragam, mulai yang bertema ringan hingga bertema serius seperti pemberantasan korupsi, illegal loging, hingga kartun bom bali satu.
Selain menampilkan aneka peristiwa sejarah Indonesia dalam bentuk kartun, di museum ini para pengunjung juga dapat melihat aneka kartun para tokoh di Indonesia mulai presiden pertama Indonesia Soekarno, mantan presiden Soeharto, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga tokoh perjuangan hak buruh, Marsinah.

Selain para tokoh dalam negeri, di museum ini juga dapat dilihat kartun para tokoh dunia mulai Osama Bin Laden, Aung San Su Kyi, presiden Amerika Serikat yang doyan perang George Bush, pemimpin Libya Mohamar Khadafi, hingga mantan presiden Irak Saddam Husein.

Tujuan dari didirikannya museum ini adalah agar kartunis dan karyanya bisa sejajar dengan pelukis dan karya lukisnya dan secara umum, kartun yang dipajang di museum ini menceritakan perjalanan sejarah kartun di Indonesia dan peran kartunis serta karyanya dalam sejarah bangsa Indonesia dan juga dunia. Selain itu, karya yang ditampilkan juga menampilkan kehidupan kreatif para kartunis.

Gimana Bida.. apakah tertarik mengunjunginya? jangan lupa mampir deh pas ke Bali ^.^ 
- gadis jilbab -

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.