ISTANA BIDADARI

Wednesday

Cara Menyusui yang Benar dan Sehat

No comments :




hijab bunda - Bidadaris pasti telah mengetahui segudang manfaat dari ASI ( Air Susu Ibu ), Proses menyusui yang baik dan benar juga akan meningkatkan produksi ASI. Nah bagi Bidadaris yang saat ini sedang dalam masa menyusui untuk sang buah hati wajib menyimak dan menerapkan cara menyusui yang benar dan sehat berikut ini.

  1. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui.
  2. Susui bayi sesuai keinginannya, jangan dijadwal.
  3. Bersihkan puting dan aerola (bagian hitam sekitar puting) dengan air hangat.
  4. Dekap bayi dan letakkan kepala bayi pada lipatan lengan Anda. Pastikan Anda dan si bayi dalam keadaan nyaman. Perut bayi menempel pada badan Anda, sedangkan telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.
  5. Waktu mulai menyusui, peganglah bagian bawah payudara dengan keempat jari dan ibu jari diletakkan pada bagian atas payudara.
  6. Sentuhkan puting pada pipi bayi untuk merangsang agar mulut bayi terbuka lebar. Bayi umumnya memiliki refleks menghisap yang kuat.
  7. Masukkan seluruh puting dan aerola ke dalam mulut bayi.
  8. Susui bayi dari kedua payudara secara bergantian setiap ibu menyusui. Semakin dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin banyak.
  9. Sandarkan bayi pada pundak dan usap punggung bayi perlahan-lahan untuk membantunya bersendawa.
  10. Jika telah selesai, lepaskan puting susu dengan menahan secara hati-hati payudara. Bila perlu, masukkan ujung jari kelingking dengan lembut ke sudut mulut bayi untuk membuka mulutnya.
  11. Untuk Anda, perbanyaklah istirahat dan usahakan agar pikiran tetap tenang. Ingatlah, jika stres Anda meningkat maka produksi ASI Anda akan menurun.
  12. Bersihkan dan sterilisasi tempat yang akan digunakan untuk menampung ASI perah.
  13. Jika memungkinkan, biarkan suami Anda yang memberikan ASI perah ini agar ia pun lebih terlibat dalam perawatan sang buah hati.
Sekian dan semoga bermanfaat ^.^
- sumenep muda n cantik -

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.