ISTANA BIDADARI

Sunday

Tutorial Handbag Dengan Jahit Tangan by Vanny Irawan

No comments :
keterampilan tangan - Tutorial Handbag ini dibuat dengan jahit tangan, biar jadi penyemangat buat yang belum mempunyai mesin jahit. Kuat atau tidaknya hasil jahitan tangan tergantung cara kita menjahitnya, kalau jarak antar tusukan tidak terlalu lebar InsyaAllah kuat apalagi ditambah dobel benang tambah kuat.Tapi jika jarak antar tusukan lebar ya tentunya akan terbuka jahitannya.

Handbag pada gambar diats memiliki ukuran jadi +/- 19cm (tinggi) x 22cm (lebar) x 10cm (tebal)

Material yang perlu kita persiapkan:
Bagian badan tas:
- 1 kain inner (kanvas) 25 x 49 cm
- 1 batting (flanel) 25 x 49 cm
- 1 kain outer (katun jepang) 25 x 49 cm

Bagian samping tas:
- 2 kain inner (kanvas)
- 2 batting (flanel)
- 2 kain outer (katun jepang)

2 buah tali nylon @ 50cm
1 buah rits uk 25cm
2 buah kain uk 6x6 cm
4 buah kain uk 25x4cm
Bias tape/bisban

PERSIAPAN:
Untuk bagian badan tas potong kain outer (luar), inner (dalam), dan batting (pelapis) dengan ukuran 25 x 49 cm (sudah termasuk kampuh). Dsini saya menggunakan kanvas sebagai inner, katun jepang sebagai outer dan flanel sebagai batting.
Untuk bagian samping tas, buat pola dengan ukuran bawah 11cm, tinggi 17,5cm, dan untuk bagian atas buat lingkaran dengan diameter 6,5cm lalu tarik garis lurus kebawah sehingga didapat gambar seperti foto. Buat pola pada kain dengan melebihkan 1cm sekeliling pola untuk kampuh jahitan. Potong kain dan batting dengan mengikuti garis kampuh.
- 2 buah tali nylon panjang @ 50cm
- 2 buah kain uk 6x6 cm
- 1 rits uk 25cm atau lebih
- 4 buah kain uk 25x4 cm
Bias tape/bisban

CARA MEMBUAT:
1. Ambil kain outer dan batting, tumpukan.

2. Buat titik dengan jarak 5cm dari samping dan 7cm dari atas. Tandai titik pertemuan kedua ukuran tersebut.

3. Lipat ujung tali dengan jarak lipatan 2,5cm.

4. Posisikan tali tas yang sudah dilipat tadi sesuai titik pertemuan . Jahit ujung tali sesuai tanda garis merah. Jahit menggunakan jahitan tikam jejak. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain.

5. Ambil rits dan 2 buah kain ukuran 25x4cm.

6. Tumpuk kedua kain dan rits dengan posisi rits berada ditengah dan bagian bagus kain menghadap rits. Sisi panjang kain sejajar dengan sisi panjang rits.

7. Jahit jelujur pinggir kain agar kain tidak bergeser.

8. Ambil kain outer dan batting yang sudah dipasang tali tas tadi. Tumpuk kain outer diatas kain rits dibagian yang dijahit jelujur tadi. Beri jarak antara kain inner dengan gigi rits sekitar 0,3cm atau sesuai selera. Jika terlalu dekat dengan gigi rits maka kain akan tersangkut saat rits dibuka. Jahit tikam jejak pinggir kain outer seperti tanda garis merah diatas.

9. Balikan posisi kain outer. Tumpuk kain inner ke sisi rits yang dijelulur tadi. Beri jarak 0,3cm dengan gigi rits. Lakukan hal yang sama seperti pada kain outer (gambar no 8). Lalu jahit pinggir kain inner dengan jahitan tikam jejak.

10. Setalah kain inner dan kain outer terjahit, lipat dua sisa kain rits kearah luar rits dan pentul. Lakukan hal yang sama pada sisa kain rits yang lain.

11. Jahit lipatan kain rits dengan jahitan sembunyi / Blind Stitch (Lebih detail mengenai blind stitch bisa lihat di onestopcraft.blogspot.com). Ulangi petujuk no 6-11 pada sisi rits yang satu lagi.

12. Hasil jahitan kedua kain rits pada kain outer.

13. Hasil jahitan kedua kain rits pada kain inner.

14. Ambil kain uk 6x6. Lipat dua kain (a), lalu lipat dua lagi (b). Lipat dua panjang kain (c). Lakukan hal yang sama pada kain yang satu lagi.

15. Jahit ujung kain yang dilipat tadi ke ujung rits. Jahit dengan jahitan jelujur. Lakukan hal yang sama pada sisi ujung rits yang satu lagi.

16. Hasil jahitan kedua kain lipatan pada kedua ujung rits. Potong kelebihan rits.

17. Ambil kain untuk bagian sisi tas. Tumpuk kain inner, batting, dan kain outer.

18. Jahit jelujur untuk menggabungkannya dan agar kain tidak bergeser. Jahitan jelujur dilepas saat bagian samping tas sudah dijahit dgn badan tas.

19. Balikan bagian badan tas dengan posisi kain inner berada diluar. satukan bagian samping tas dengan bagian badan tas. Bagian tengah kain samping tas sejajar dengan rits pada kain badan tas. Jahit jelujur sekeliling seperti tanda garis merah pada gambar. Lakukan hal yang sama pada sisi samping tas yang satu lagi.

20. Ambil bias tape, posisikan seperti gambar. Sisi bagus bias tape menghadap kain inner. Jahit tikam jejak bias tape dengan kain samping tas yang sudah dijahit jelujur dengan kain badan tas tadi. Jahit bias tape mengelilingi pinggir tas dengan jarak 0,8-1cm dari pinggir kain.

21. Setelah bias tape dijahit pada keliling pinggir tas, lipat bias tape ke arah dalam dan jahit dengan jahitan sembunyi.

22. hasil jahitan bias tape pada sisi samping tas. Lakukan hal yang sama pada sisi pinggir tas yang satu lagi.

23. Setelah kedua sisi samping tas telah dijahit dengan bias tape, balikan tas. Jahit pertemuan samping tas dan badan tas dengan jahitan sembunyi agar lebih rapi (garis kuning)

24. Hasil jahitan samping tas dan bagian rits.

Tas telah selesai dan siap digunakan.
Selamat mencoba Bida dan jangan lupa berterimakasih kepada Vanny Irawan karena beliau lah yang telah membuat tutorial yang sangant inspiratif ini.

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.